Genjot Pariwisata, BPKS Mendatangkan Dua Kapal Pesiar dan 4000 Turis Manca Negara Kunjungi Sabang

Sabang (MAC) – Dalam rangka mengenjot pariwisata Sabang Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), mendatangkan 2 kapal pesiar sekaligus dengan membawa 4.000 turis dari berbagai negara.

Kedatangan 2 kapal pesiar sekaligus di Sabang Selasa 18 Desember 2018, menjadi sejarah baru bagi Kawasan Pelabuhan Bebas Dan Perdagangan Bebas (Free Port) Sabang.

Kepala BPKS DR. Drs. Sayid Fadhil, SH, M.Hum, Selasa sore kepada wartawan menjelaskan 2 kapal pesiar yang bersandar di Sabang yang pertama MV Marella berbendera MALTA dengan kapasitas penumpang 757 Crew (ABK) dan 1752 passenger, panjang kapal 265 meter. Kemusian kapal kedua MS. Seaborn Ovation berbendera BAHAMAS, MV. Seabourn Oviation. Panjang kapal 210 meter dengan jumlah penumpang mencapai 569 penumpang dan crew (ABK) 419. Kedua kapal tersebut bersandar di Dermaga CT 1 dan CT3 pada pukul 07.00 dan pukul 11.00 WIB., jelas Sayid Fadhil.

Sayid Fadhil menambahkan, kunjungan 2 kapal Cruise sekaligus di kawasan Sabang, merupakan dampak potif dari kultur masyarakat Sabang yang Welcome menerima kunjungan para turis dan kesiapan pihak ICQP yang tanggap dan responsif dalam hal registrasi kapal di kawasan Sabang sebagai tujuan kunjungan wisata dunia., tambahnya.

Sentara itu Deputi Komersil BPKS Agus Salim menerangkan, dengan kunjungan 2 kapal pesiar sekaligus akan memberikan dampak positif pada perekonomian rakyat dan pendapatan bagi BPKS.

“Pada intinya dengan adanya kunjungan cruise atau kapal pesiar akan memberikan dampak terhadap masyarakat baik dari sektor perekonomian dan pariwisata Sabang pada umumnya, termasuk bagi BPKS sendiri” katanya.

Diterangkan juga, dalam kunjungan Cruise kali ini, pihak Tour Travel untuk Cruise MV. Seabourn Oviation adalah Pacto Cruise Asia dengan bekerjasama dengan Sabang tour travel yang membawa pessenger ke tempat-tempat wisata Sabang. Hal tersebut untuk mempermudah dan memperlancar proses pelayanan yang dibutuhkan para turis.

Senayan kedatangan kapal peserta ada sekitar 100 paket yang terjual, sementara penumpang yang tidak mengambil paket maka mereka ada yang berjalan kaki melihat kota Sabang dan ada yang menggunakan taxi lokal atau becak untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Sabang .

“Dengan kedatangan kapal pesiar masyarakat dapat merasakan langsung bagi para becak maupun taxi lokal, bayangkan jumlah perputaran uang di Sabang dengan kunjungan Crise tersebut bahkan pada bulan Desember 2018 ini saja 2 kapal sekaligus,” terangnya.

Disampaikan kan juga Welcoming Cruise dimulai dengan pengalungan bunga kepada captain Andrew kapal MV. Seabourn Oviation oleh Deputi Komersil BPKS Agus Salim mewakili Kepala BPKS didampingi Zulkarnaini Kepala UPT Pelabuhan BPKS, Kadisbupar Aceh Amir, dan Forkopimda Kota Sabang.

Selain itu, proses penyambutan tamu seperti biasanya dengan tarian Ranup Lampuan dari siswi SMA Sabang, juga memberikan kesan dan warnav tersendiri pada prosesi penyambutan Cruise MV Seabourn Ovation dan MV Marella Discovery tersebut.(Jalal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *