Ismawardi Apresiasi BPBD Kota Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Destana

Banda Aceh (MAC)- Wakil Ketua Komisi A DPRK Banda Aceh Ismawardi, mengapresiasi program nyata yang dilakukan Pemerintah kota dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, yang telah melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana (Destana), terkait penangulangan resiko bencana.

“Dimana BPBD Kota Banda Aceh, telah melaksanakan kegiatan pembuatan RPB, Pemasangan rambu rambu bencana serta Pelatihan dan Simulasi tentang kebencanaan untuk perangkat gampong dan masyarakat gampong Jawa”.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi A Ismawardi, kepada Media mediaaceh.com, Sabtu 15 Desember 2018.

Selain itu, ia juga mengatakan. Kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan, karena gampong jawa merupakan salah satu desa yang sangat rentan terhadap bencana, terutama gempa dan stunami, serta bencana lainnya seperti cuaca extrem.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang dilakukan oleh pihak terkait dalam hal ini BPBD, untuk menyiapkan program pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana menghadapi bencana.

“Sehingga masyarakat gampong nantinya, dapat memahami tentang bagaimana cara mengurangi resiko bencana melalui desa tangguh bencana (Destana)”.

Dirinya berharap, kegiatan ini harus bisa dijadikan kegiatan perioritas dan juga sebagai agenda kegiatan tahunan oleh BPBD Kota Banda Aceh. “Jangan nanti terkesan, hanya kegiatan serimonial semata, tetapi harus memiliki dampak positif kepada masyarakat,” pinta Wakil Ketua Komisi A ini.

“Kedepan kita mintakan, kegiatan ini jangan hanya dilakukan di kecamatan Kutaraja saja, tetapi harus juga dilakukan di kecamatan lainnya. Mengingat Banda Aceh merupakan daerah rawan bencana,” tutup Anggota Dewan dari Partai Amanat Nasional mewakili daerah pemilihan. (Ahmad Fadil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *